Selamat Hari Jadi Ke-276 Kabupaten Wonogiri Tercinta (1741-2017) “SAK EYEK SAK EKA KAPTI SESARENGAN MBANGUN WONOGIRI”

Panduan Pelayanan Promosi Kesehatan

PANDUAN
PELAYANAN PROMOSI KESEHATAN
UPT PUSKESMAS BATURETNO I


A.     DEFINISI
Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekadar pengubahan gaya hidup saja, namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat.
Pengubahan gaya hidup dapat difasilitasi melalui penggabunngan:
1.      menciptakan lingkungan yang mendukung,
2.      mengubah perilaku, dan
3.      meningkatkan kesadaran
Kerangka Promosi Kesehatan:
1.      Program pendidikan kesehatan (primer, sekunder, tersier)
2.      Pelayanan kesehatan preventif
3.      Kegiatan berbasis pada masyarakat
4.      Kegiatan ekonomi dan peraturan
5.      Tindakan kesehatan environment
6.      Pengembangan organisasi

B.     RUANG LINGKUP
Ruang lingkup promosi kesehatan berdasarkan aspek pelayanan kesehatan secara garis besarnya terdapat 2 jenis pelayanan kesehatan yaitu:
a.       Pelayanan preventif dan promotif
Adalah pelayanan bagi kelompok masyarakat yang sehat, agar kelompok ini tetap sehat dan bahkan meningkatkan status kesehatan. Pada dasarnya pelayanan ini dilaksanakan oleh kelompok profesi kesehatan masyarakat.
b.       Pelayanan kuratif dan rehabilitatif
Adalah pelayanan kelompok masyarakat yang sakit, agar kelompok ini sembuh dari sakitnya dan menjadi pulih kesehatannya. Pada prinsipnya pelayanan jenis ini dilakukan kelompok profesi kedokteran.

Maka, berdasarkan jenis aspek pelayanan kesehatan ini promosi kesehatan mencakup 4 pelayanan yaitu :
a.       Promosi Kesehatan pada Tingkat Promotif
Sasaran promosi kesehatan pada tingkat pelayanan promotif adalah pada kelompok orang sehat dengan tujuan agar mereka mampu meningkatkan kesehatannya.
b.      Promosi Kesehatan Pada Tingkat Preventif
Sasaran pada tingkat ini adalah kelompok yang beresiko tinggi misalnya kelompok ibu hamil dan menyusui, para perokok, kelompok obesitas dan sebagainya. Tujuan utama promosi kesehatan pada tingkat ini adalah untuk mencegah kelompok-kelompok tersebut agar tidak terkena sakit.
c.       Promosi Kesehatan Pada Tingkat Kuratif 
Sasaran promosi kesehatan pada tingkat ini adalah para penderita penyakit atau pada pasien. Tujuan promosi kesehatan pada tingkat ini agar kelompok ini mampu mencegah penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah.
d.      Promosi Kesehatan Pada Tingkat rehabilitatif
Promosi kesehatan pada tingkat ini mempunyai sasaran kelompok penderita yang baru sembuh dari suatu penyakit. Tujuan utama promosi kesehatan pada tingkat ini adalah agar mereka ini segera pulih kembali kesehatannya atau mengurangi kecatatan seminimal mungkin (Notoatmodjo, 2005).

Ruang lingkup pelayanan promosi kesehatan berdasarkan tatanan :
1.      Tatanan Rumah Tangga
2.      Tatanan Sekolah
3.      Tatanan Tempat Kerja
4.      Tatanan Tempat – tempat Umum
5.      Tatanan Institusi Yankes

C.      TATA LAKSANA
                  Langkah-langkah integrasi promosi kesehatan dalam program kesehatan, melalui pemberdayaan masyarakat, bina suasana dan advokasi. Dalam pelaksanaan program yang terintegrasi perlu dilakukan di berbagai tatanan tertentu untuk menjangkau sasaran yang tepat dan luas serta mempunyai daya ungkit tinggi terhadap pencapaian tujuan program.
Tata laksana program promosi kesehatan dalam program kesehatan, meliputi :
1.      Perencanaan
a.       Pengkajian masalah masalah penyakit terbanyak
b.      Pengkajian masalah yang terkait dengan pencapaian program
c.       Pengkajian terhadap sistem pelayanan kesehatan yang ada
d.      Pengkajian terhadap sumber daya dan tenaga yang dimiliki
e.       Pengkajian keterlibatan lintas program dan lintas sektor dalam promosi kesehatan di berbagai tatanan
f.        Pengkajian tentang pelaksanaan integrasi yang telah dilakukan
g.       Identifikasi peran dan potensi stakeholders
h.      Dukungan yang diharapkan dari masing-masing
i.         Kesepakatan dukungan stakeholder secara tertulis
2.      Penggerakkan pelaksanaan
a.       Melaksanakan integrasi promosi kesehatan dalam program kesehatan di kabupaten/kota sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama
b.      Melaksanakan pertemuan koordinasi lintas program dn sektor secara berkala untuk menyelaraskan kegiatan
3.      Pengawasan, pengendalian dan penilaian
a.       Pengawasan untuk melihat apakah kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana ditetapkan
b.      Pengendalian dilakukan agar kegiatan dilaksanakan sesuai dengan arah dan tujuan, mengantisipasi masalah/hambatan yang mungkin terjadi
c.       Penilaian dilakukan untuk melihat keberhasilan pelaksanaan integrasi kegiatan
d.      Mendokumentasikan kegiatan integrasi, untuk bahan pembelajaran perbaikan program yang akan datang
e.       Memberikan umpan balik kepada lintas program dan lintas sektor terkait untuk perbaikan kegiatan selanjutnya.

D.     DOKUMENTASI
Kegiatan dalam program promosi kesehatan didokumentasikan dalam bentuk :
1.      Laporan
2.      Buku kegiatan
3.      Hasil kegiatan
Jenis pelaporan di Upaya Promosi Kesehatan
NO
Jenis Kegiatan
Skala Pelaporan
1
Penyuluhan kelompok, massa
Tiap bulan
2
PHBS
Setahun sekali
3
Strata Posyandu
Setahun sekali
4
Strata Desa Siaga
Setahun sekali
5
Penjaringan Anak Sekolah
Tiap tahun ajaran baru
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Semua kegiatan, nantinya akan dievaluasi untuk menilai keberhasilan suatu kegiatan. Jika ditemui ada hambatan pelaksanaan kegiatan, akan dirumuskan dalam rencana tindak lanjut, yang nantinya juga akan dievaluasi.


DAFTAR DISTRIBUSI DOKUMEN
NO. DOKUMEN           :  PDN-012/00/2016
NAMA DOKUMEN      :  PANDUAN PELAYANAN PROMOSI KESEHATAN
NO
TANGGAL
PENERIMA
UNIT
JML
TANDA TANGAN
1.       




1.       
2.       




2.       
3.       




3.       
4.       




4.       
5.       




5.       
6.       




6.       
7.       




7.       
8.       




8.       
9.       




9.       
10.   




10.   
11.   




11.   
12.   




12.   
13.   




13.   
14.   




14.   
15.   




15.   
16.   




16.   
17.   




17.   
18.   




18.   
19.   




19.   
20.   




20.   



Wakil Manajemen



Basuki, AMK
NIP. 19770922 200604 1 009
Pengendali Dokumen



……………………………….
NIP.                                               .